Profil Witan Sulaiman yang Menarik dan Menginspirasi

Profil Witan Sulaiman adalah pemain sepak bola kebangsaan yang lahir di Palu, Sulawesi Tengah 08 Oktober 2001 dengan tinggi 1,67 m. Nama orang tuanya adalah Humaidi yang berprofesi sebagai tukang sayur. Menduduki posisi sebagai gelandang di tim FK Radnik Surdulica. Teman satu timnya yaitu Egy Maulana Fikri, Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu.

Siapa Itu Witan Sulaiman

Awal mulanya Witan masuk ke SSB Galara Utama, bersekolah di sana pada tahun 2013 sampai 2016. Waktu SMP mengikuti Liga Pelajar Indonesia di Palu. Akhirnya Witan yang sudah lulus SMP dengan berbekal restu orang tua mengikuti seleksi di PPLP Ragunan dan berhasil lulus.

Berikut ini jejak Karier Witan Sulaiman yaitu :

1. Sekolah Atlet Ragunan

Pada tahun 2017 sampai tahun 2019 bersekolah di Sekolah Atlet Ragunan. Sekolah Atlet Ragunan adalah sekolah keolahragaan dimana mendidik siswanya untuk mahir dalam bidangnya bahkan sudah melahirkan pesepak bola berbakat.  Indra Sjafri memasukkan Witan sebagai di U-16 dan U-19. Putaran kedua tahun 2019, Witan mulai terjun bermain secara profesional dalam sepak bola.

See also  Berikut Ini Infomasi Penting Tentang Profil Andrea Pirlo Yang Wajib DibacaPenggemar!

2. PSIM Yogyakarta

PSIM Yogyakarta merekrut Witan Sulaiman bermain di Liga 2 saat umur 17 Tahun agar ikut bermain di Sea Games Asia. Usia 18 tahun diterbangkan untuk bermain di klub Eropa. Melawan Persiba Balikpapan pada tahun 2019 dengan klub Laskar Mataram.

3. FK Radnik Surdulica

Pernah tampil untuk klub FK Radnik Surdulica tahun 2020 dalam liga super Serbia. Menjadi anggota FK Radnik Surdulica selama 3,5 tahun setelah bergabung di klub Polandia. Akibat adanya Piala Dunia U-20 FIFA maka Witan akan berlatih di klub FK Radnik Surdulica untuk mempersiapkan tim U-19.

4. Internasional

Tanggal 31 Mei 2017 bersama U-19 dengan lawan Timnas Brazil walaupun  hasilnya kalah satu kosong. Ajang U-16 tanggal 13 September 2017 dengan lawan U-19 Brunei Darussalam dapat mencetak gol serta mendapatkan kemenangan dengan skor delapan kosong. Masuk dalam lapangan pertandingan  sebagai pemain cadangan dalam laga persahabatan internasional FIFA melawan Oman. Pada laga itu yang terjadi tanggal 29 Mei 2021 menggantikan Evan Dimas walaupun kalah karena skor satu banding tiga.

See also  Profil Septian David Maulana, Gelandang Serang Timnas Garuda

Ini Prestasi  Diraih Oleh Witan Sulaiman

Profil Witan Sulaiman yang dibahas berikutnya adalah tentang prestasi yang pernah diraihnya. Kejuaraan remaja U-19 AFF pada tahun  2017 di Myanmar dan 2018 di Indonesia keluar sebagai juara ketiga. Sea games pada tahun 2019 di Filipina memenangkan medali perak. Keluar sebagai pemenang dalam kejuaraan remaja U-22 AFF di Kamboja. Kompetisi AFF U-22 tahun 2019 di Malaysia dapat skor dua banding satu.

Saat pertandingan Piala Merlion 2019 melawan Thailand mendapatkan skor satu kosong. Secara nasional, Witan Sulaiman, tampil untuk U-19 sehingga dapat mencetak 9 gol. Mencetak 2 gol saat bermain untuk U-23 sedangkan tampil untuk Indonesia dapat mencetak gol  sebanyak 1 kali. Mengikuti Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tanggal 01 Juli 2018.

See also  Berikut Ini Infomasi Penting Tentang Profil Andrea Pirlo Yang Wajib DibacaPenggemar!

Witan juga mampu mencetak skor kemenangan satu banding kosong melawan Laos. serta, berpartisipasi juga dalam laga Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Saat lawan Uni Emirat Arab, Witan mampu memenangkan laga tersebut untuk Indonesia.

Itulah profil witan sulaiman, pesepak bola yang sudah berkali dalam skala nasional maupun internasional. Tidak memandang bahwa anak tukang sayur Witan Sulaiman mampu menunjukkan diri bisa berprestasi. Beberapa kekalahan sempat dirasakan Witan saat pertandingan tapi tetap membuat bersemangat membanggakan Indonesia ataupun keluarga.

You May Also Like

About the Author: Orion